PERJALANAN SETAPAK

Perjalanan Panjang Dimulai dengan Setapak Langkah……..

HIDUP LAGI

Posted by darwinho on November 18, 2010

Wah ga nyangka, ternyata blog ini masih ada. Alhamdulillah bisa login pula. Masih inget rupanya. Hehehe…..

Posted in Uncategorized | 2 Comments »

Menunggu Memang Mbosenin

Posted by darwinho on June 16, 2009

Akhir2 ini jd rajin ngenet. Padahal rencana liburan pgn maen2 g jelas ke mana eh mlh kudu sering2 liat internet. Liat kpn “pengumuman” diumumkan. Katanya tgl 15 kok mpe skrg blm ada?? Jd tambah deg2an malah.
Terpaksa nunggu….
Nunggu,,,,,,
dan terus menunggu……

Posted in Uncategorized | 8 Comments »

Setelah sekian lama….

Posted by darwinho on June 16, 2009

Setelah sekian lama g nulis blog. Kangen niy masa2 rajin ngeblog. Tp akhir2 ini ntah knp kok jd org sibuk bgt jd g sempet nulis blog akhirnya.
Akhirnya nulis jg ni. Tp bingung jg mw nulis apa. Hehehe….

Posted in Uncategorized | 3 Comments »

Hobi Baru: Nyeburin Orang ke Kolam

Posted by darwinho on March 25, 2009

Ada hobi baru di kelasQ. Dari judulnya aja udah keliatan. Yups, nyeburin orang/temen ke kolam Indonesia Tenggelam. Kolam Indonesia Tenggelam itu nama kolam yg ada di ITB. Disebut Indonesia Tenggelam karena di dasar kolam ada gambar Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Nah kolam ini niy yg jadi tempat buat “eksekusi” orang. Alias diceburin. Hehe…Biasanya klo nyeburin orang tu ya di sini tempatnya.
Nah, mulanya kelasQ aman-damai-tenteram g ada acara cebur-ceburan. Trus ntah kenapa kok tiba2 aja sekarang hobi bgt nyeburin org. Mungkin banyak liat orang yg diceburin ke kolam itu, makanya trus ikut2an. Pertama kali ngelakuin sih aQ dah lupa itu kapan. Ya awal2 sih yg ultah yg diceburin. Jd yg lg ultah tgl itu siap2 aja sore pulang kuliah berbasah-basah ria. Hehe… Tapi sekarang malah tambah parah aja tuh temen2. Kayaknya asal orang aja diceburin. Padahal orangnya g pas ultah lho. Heran juga niy kenapa. Yg unik tuh Jum’at minggu lalu. Kan ada yg ultah, nah abis UTS udah persiapan tuh rencana busuk. Ada seseorang yg “mengkomando” temen2nya buat nyeburin yg lg ultah. POkoknya dy memprovokatori semuanya deh. Nah tw g apa yg terjadi? Eh si orang yg jd provokator ini malah ditangkap rame-rame trus diceburin duluan. Haha….Kasian banget sih ya. Abis nyeburin dy baru yg ultah td diceburin. Nah,,,Nah,,,INi kabarnya malah ada gerakan terselubung yg berkomplot buat nyeburin yg belum tercebur. Jadi mereka nyusun jadwaal siapa-siapa aja yg jadwalnya diceburkan. Wah jail banget ya…

Posted in Uncategorized | 5 Comments »

Orang (maaf) Bodoh pun Bisa

Posted by darwinho on February 19, 2009

Beberapa minggu yang lalu aQ direkomendasikan nonton sebuah …..apa ya namanya. Katanya sih namanya Dorama. Drama Jepang. Gak tau lah. Soalnya juga baru sekali itu nonton. Biasanya nontonnya film2 action, eh ini malah disuruh nonton film drama. Padahal aQ g suka lho film drama. Nah kata yang nyuruh liat tadi, filmnya tu bener2 bagus. Akhirnya nonton jg deh. Judul filmya Dragonzakura. Ni film dh beberapa taun lalu, tapi baru ini aja sempet nonton. Ya soalnya baru tau sih. Telat banget yo. Hehe…Nah akhirnya nonton episode 1, 2, eh keterusan mpe episode terakhir, episode 11. Kesan setelah nntn: WOW…bagus bgt…
Jadi dorama itu mengisahkan perjuangan 6 orang siswa dari sebuah SMA yg nilainya d bawah rata2, yang ingin meneruskan (ato diberi tantangan ya) kuliah ke Todai (Tokyo University). Ini sebuah mission impossible. Soalnya SMA tempat 6 siswa td sekolah sudah dicap masyarakat sebagai sekolah yang sangat buruk. Bahkan beberapa yang menganggap Madesu (masa depan suram). Orang2 pada nertawain keinginan mereka buat nerusin k Todai. “Hahaha…gak mungkin lah loe bisa masuk. Ngaca donk.” Mungkin seperti itu simpelnya. Nyakitin bgt kn. Tapi mereka tetep belajar keras (jadi inget masa2 kelas 3 SMA dulu. Hehe… ), mereka berenam belajar bareng2, dibantu dg 3 org guru yg rada2 eksentrik. Perjalanan mereka g mulus. Banyak rintangan, bahkan pada suatu titik mereka sangat putus asa dan memutuskan untuk mengubur mimpi mereka masuk ke Todai. Akhirnya mereka sadar & kembali ke track yang bener. Belajar & berusaha lbh keras lagi. Akhirnya UM Todai (Ujian Masuk Todai, apapun itu namanya, hehe.. ) digelar. Trus wkt pengumuman, dari 6 org itu ternyata yg diterima hanya 3 orang.
Wah film ini ngingetin aQ waktu kelas 3 SMA dulu. Waktu lg sibuk-sibuknya berburu universitas. Kudu super rajin belajar soalnya persaingan masuk universitas favorit udah pasti sengit. Hehe..Nah, balik lg k filmya. Dari film itu ada 2 poin yg Q ambil, yaitu KERJA KERAS dan TERUS BERSEMANGAT.
Untuk mencapai suatu hasil yang maksimal, Qt perlu kerja keras. Perlu proses, g asal instan. Dicontohin di film Dragonzakura td, 6 orang begitu belajar keras bwt mempersiapkan UM Todai (mbuh apa iki namanya yg bener). Wkt temennya liburan, mereka bljr. Belajar mpe larut malem. Itu semua demi masuk Todai. Begitulah, klo Qt pengin sesuatu yg sangat bagus, Qt kudu berani membayarnya dengan kerja keras karena pada dasarnya kerja keras berbanding lurus dengan hasil yg diperoleh. Semakin keras usaha Qt, hasil yg diperoleh insya Allah juga semakin bagus.
Yang kedua TERUS BERSEMANGAT. Kenapa Qt mesti terus bersemangat? Semangat tentu sangat menopang kerja keras Qt. Jikalau Qt terus bersemangat, tentulah konsistensi kerja keras Qt akan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Ada kalanya Qt mengalami patah semangat. Film itu juga memberikan tipsnya, yaitu Qt harus mengingat tujuan kita. Apa sebenernya tujuan Qt untuk ngelakuin hal tersebut. Niatnya gmn sih. Jangan sampai niat Qt melenceng. Bakal merepotkan klo udah melenceng. Yang kedua Ingat2lah klo Qt sudah berada di “setengah jalan” Akan menjadi percuma kan klo Qt trus berhenti di tengah jalan. Hanya setengah2. Kenapa g sekalian diterusn aja sampai selesai. Ya gt deh intinya (hehe…elek banget endingnya)

Posted in Uncategorized | 6 Comments »

Mengapa Ribut Soal Fatwa?

Posted by darwinho on January 29, 2009

Beberapa waktu yg lalu MUI mengeluarkan fatwa mengenai bagaimana hukumnya merokok & golput. Setelah melalui diskusi yg panjang akhirnya diperoleh hasil:
Fatwa Merokok adalah HARAM BAGI anak-anak, wanita hamil, dan apabila merokok di tempat umum. Selain untuk kriteria di atas, merokok hukumnya adalah makruh.
Fatwa Golput adalah HARAM. Klo fatwa ini sepertinya g ada syarat laennya deh, tapi waktu salah seorang yg ikut merumuskan fatwa diwawancarai oleh sebuah stasiun TV, beliau mengatakan bahwa klo ada uzur syar’i tentu laen halnya. Misalnya si pemilih sakit.
Nah, saya g akan ikut2an memberikan dalil ato semacamnya, karena saya g berkapabilitas & berkompeten untuk memberikan itu karena tentunya orang2 yg memberikan fatwa harus mempunyai syarat & ketentuan yg sangat ketat. Tidak sembarang org dpt mengeluarkan fatwa seenaknya, dan dalam mengeluarkan sebuah fatwa tentunya sudah dipikir secara mendalam. Yg saya soroti adalah sebelum 2 fatwa itu keluar-terutama fatwa rokok haram-saya menangkap sebuah kesan bahwa banyak kalangan yg menentang & berkesan bernegosiasi agar fatwa yg keluar sesuai keinginan mereka. Nah, masalah ini yg menarik diamati. Banyak pihak yg sebelum ato sesudah fatwa dikeluarkan tetap g mau menuruti (menolak) fatwa itu. Padahal merokok haram hanya berlaku pada anak2, wanita hamil & merokok di tempat umum. Tetapi masih ada saja yg protes. Misalnya org yg bekerja pada industri rokok. Mungkin protes ini salah satunya disebabkan kurang info aja di kalangan mereka. Padahal pada dasarnya anak2 & wanita hamil memang g boleh merokok. Sedangkan di banyak daerah sudah dikeluarkan perda larangan merokok di tempat umum. Jadi sebenernya intisari dari fatwa itu sudah ada sejak lama. Tinggal perlu sosialisasi saja biar tidak terjadi salah persepsi pada masyarakat.

Posted in Uncategorized | 9 Comments »

Pertama Dalam HidupQ

Posted by darwinho on December 16, 2008

Pertama kali sepanjang hidup. Salah ruangan wkt UAS.
Ini kejadian kmrn sore wkt UAS matkul KPIP. Wah jgn sampe ada yg ngalami deh. G enak urusan m pengawasnya. Terlalu merepotkan. Dan terlalu menguji kesabaran.
Nah, paginya Q langsung ngurus k sekretariat TPB.
Begitu dtg nanya,”Pak kmrn sy salah ruang wkt UAS KPIP.”
Pak nya blg,”Kmrn km isi gmn identitasnya?”
“Saya isi nama & NIM.”
Pak nya pun blg,”Oh berarti sudah beres.”
Haa?? Q kaget bgt. Ternyata birokrasinya simpel bgt. Alhamdulillah…
Q ttp msh penasaran. “Lha ntar gmn nilai sy” Pak nya pun njelasin dg santai panjang lebar.
Pas mau pamit pergi, beliau nanya,”Km kmrn tes d ruang brapa?”
“9024 Pak”
Trus beliau blg,”Oh y kmrn pengawasnya jg ngasih laporan klo ada yg salah kelas. Tp dibiarkan aja soalnya ruangnya terlalu jauh. G mungkin kn klo setengah jalan UAS trus disuruh pindah.”
Haha…Ternyata kasusQ dh sampai duluan & selesai sebelum Q lapor. Alhamdulillah….
Eh meskipun simpel tp jgn coba2 ya. Soalnya merepotkan urusan dg pengawasnya. Hahaha…..

Posted in Uncategorized | 12 Comments »

Klo Bukan Mahasiswa Mahasiswa ITB, Siapa Lg yg Akan Mengubah Bangsa Ini??

Posted by darwinho on December 3, 2008

Judulnya cukup provokatif sekali ya. Mungkin beberapa di antara km g terima dg judul d atas. It’s OK. Wajar kok. Tetapi jgn cuma marah doank. Buktiin klo km bisa. Semoga km termasuk golongan org2 yg mau mengubah bangsa Indonesia. Jadi lebih baek tentunya.

Nah, kata2 di atas tu sering bgt diucapin dosenQ wkt beliau ngasih kuliah. Beliau sering bgt memberi nasehat k kami klo belajar tu jgn cm cari nilai, tapi demi ilmu pengetahuan. Klo jd mahasiswa yg jujur, ujian jgn nyontek, dll. Trus beliau bercerita realita bangsa ini, mulai dari kondisinya, gmn ipteknya, sampai mental pejabat2nya. Trus klo hal ini terus2an terjadi, bisa2 ntar Indonesia dijual. Beliau jg selalu ngasih semangat k kami biar bangga jd org Indonesia, biar g gampang minder. Setelah cerita ke sana kemari, cerita itu selalu ditutup dengan kalimat “Klo bukan mahasiswa ITB, siapa lg yg akan mengubah bangsa ini?”

aQ g bermaksud narsis di sini. Hanya pengin blg klo dipikir2 ada benernya jg. Klo bukan Qt (maksudQ org Indonesia sendiri, bukan cm ITB), siapa lg yg akan mengubah bangsa ini? G mungkin kan klo Qt ngandalkan bangsa lain. Masing2 Qt diberi kemampuan oleh Allah SWT. Kemampuan yg bs dipakai untuk mengubah bangsa. Bangsa Indonesia 30 tahun ke depan, tergantung dari kita. Yg insinyur, bs membangun pabrik2, menciptakan teknologi yg jauh lebih canggih. Yg ahli ekonomi, bs ikut memikirkan bagaimana caranya menguatkan ekonomi bangsa, yg berkiprah dlm kedokteran, bs memajukan bidang kedokteran sehingga teknologi kedokteran sejajar dengan negara2 lain. Intinya, Qt berperan sesuai kemampuan masing2. Setiap orang adalah penting. Mempunyai peranan yg sangat penting. So, kenapa Qt tak berbuat bwt bangsa tercinta ini?? Terakhir, aQ pgn mengganti judul di atas menjadi “Klo bukan Qt sebagai putra-putri bangsa, siapa lg yg akan mengubah bangsa ini?”

Posted in Uncategorized | 16 Comments »

Mario Teguh Golden Way

Posted by darwinho on November 17, 2008

Hm…Akhir2 ini aQ suka bgt ni acara. Judulnya Mario Teguh Golden Ways. Disiarkan Metro TV setiap hari Ahad jam 7 malem. Niy acara tu ngebahas macam2 tema. Isinya ttg motivasi, pengembangan kepribadian, wisedom, deeLeL. Selalu breganti tema tiap minggu & ada yg spesial di tiap acara.

Nah, Q suka bgt karena Pak Mario Teguh sebagai pembicara pintar dalam membawakan materi. Isinya pun mengena bgt. Dan akhir2 ini tema acaranya pun kok “nyindir” aQ ya?? Misal niy. Beberapa waktu lalu, pas aQ lg down, mereka mengangkat tema “Hero”. Pak Mario Teguh berbicara antusias bgt seolah2 berbicara ma aQ. Seolah2 beliau tw sikonQ pas wkt itu. Beliau bener2 bisa membangkitkan semangat. Bagaimana seorang MANUSIA BIASA bs jd HERO Dan hasilnya pun, alhamdulillah Q bs semangat lg. PD lagi. Hehehehe….

Kemarin, ketika seminggu aQ dpt masalah yg bertubi2. Sampe numpuk2 tu masalah. Terus bertumpuk2 mpe stress sendiri, pengennya tiap hari marah mulu, cemberut mulu, gt lah yg jelek2 pokoknya. Nah Pak Mario Teguh dalam acaranya membicarakan ttg gmn cara pandang Qt terhadap masalah, gimana cara Qt menghadapinya, dan gmn relasi antara masalah Qt dg Qt bs jd manusia yg “super” dg adanya masalah tersebut. Beliau membahas cukup dalam, sangat dalam malah. Jadinya, Q yg sebelumnya dh pusing tambah pusing, bawaannya pgn marah mulu, cemberut, setelah dpt itu alhamdullilah bs ketawa2 g jelas lg. Hehehe…

Nah, acara itu bgs bgt kok. Q rekomendasikan baek untuk ditonton. Insya Allah bs memperbaiki kepribadian, wisedom, yg ada masalah bs clear (minimal bs ngelupain sejenak lah).

Posted in Uncategorized | 24 Comments »

Sumpah Para Lebah (bukan sumpah pemuda lho)

Posted by darwinho on October 29, 2008

Wah, mentang2 msh peringatan hari sumpah pemuda, ada yg ngirim kata2 ini k aQ. G tw apa maksudnya ksh kt2 ini k aQ. Padahal Q bkn lebah. Q kan orang. Hehehe…

Ini niy kata2nya. Bagi yg merasa tersindir. Sorry lho…

SUMPAH PARA LEBAH

1. Kami para LEBAH bertanah air satu. Tanah air penuh dengan BUNGA.

2. Kami para LEBAH berbangsa satu. Bangsa pekerja keras menjaga para BUNGA.

3. Kami para LEBAH menjunjung tinggi bahasa kasih sayang yaitu CINTA.


Posted in Uncategorized | 12 Comments »

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.